Senin, 26 Juni 2017

Pesantren Annuqayah Juara Umum Festival Dua Bahasa

Sumenep, Oki Setiana Dewi. Para santri Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur, berhasil membawa pulang piala bergengsi sebagai juara umum pada ajang Festival Dua Bahasa (FDB) di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep.

Hal ini menambah kegembiraan pihak pesantren karena belum genap seminggu santri Pesantren Annuqayah juga menjuarai menjuarai lomba pidato dan baca kitab yang digelar di Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Pamekasan.

Pesantren Annuqayah Juara Umum Festival Dua Bahasa (Sumber Gambar : Nu Online)
Pesantren Annuqayah Juara Umum Festival Dua Bahasa (Sumber Gambar : Nu Online)


Pesantren Annuqayah Juara Umum Festival Dua Bahasa

Festival Dua Bahasa (FDB) 2014 diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institud Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan. Sebanyak 25 santri Pesantren Annuqayah yang hadir sejak Rabu (5/3 ) mengikuti serangkaian acara tersebut.

Oki Setiana Dewi

Mereka terdiri dari 7 santri putra dan 5 santri putri utusan Markazul Lughah al-Arabiyah dan English Education Program (EEP) Pondok Pesantren Annuqayah; 3 santri putra dan 3 santri putri utusan Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Nirmala; dan 8 santri putri utusan MA 1 Annuqayah Putri. Mereka didampingi oleh 8 orang yang betugas membimbing dan menyiapkan segala kebutuhan mereka selama perlombaan.

Oki Setiana Dewi

Dalam momen ini, para santri ini bersaing dengan peserta lain dari berbagai lembaga pendidikan di Jawa Timur untuk memperebutkan gelar juara dalam lomba pidato, bercerita, menyanyi dan baca puisi dalam dua bahasa, yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dari keempat lomba tersebut, santri Pesantren Annuqayah hanya gagal menjadi juara dalam lomba menyanyi.

Pada ajang FDB 2014 ini, mereka membawa pulang 9 piala dari keseluruhan piala yang berjumlah 24. Piala-piala yang peroleh utusan Annuqayah adalah piala juara 1 pidato bahasa Arab, juara 2 pidato bahasa Arab, juara 1 baca puisi bahasa Arab, juara 2 baca puisi bahasa Arab, juara 2 baca puisi bahasa Inggris, juara 3 baca puisi bahasa Inggris, juara 1 bercerita bahasa Arab, juara 3 bercerita bahasa Arab, dan juara 3 bercerita bahasa Inggris.

Pesantren Annuqayah dinobatkan sebagai juara umum FDB 2014 karena lebih dari sepertiga juara berasal darinya, sementara sisanya diraih banyak peserta lain dari instansi yang berbeda-beda. FDB 2014 ditutup pada Jumat (7/3) malam.

"Alhamdulillah, sebenarnya kami tidak menyangka akan mendapat perolehan sebesar ini. Soalnya persiapan yang kami lakukan sebelum berangkat ke Pesantren Al-Amien sangat kepepet, hanya tiga hari sebelum acara pembukaan, ungkap Ahmad Basili, salah satu pendamping kontingen Annuqayah.

"Piala Juara Umum-nya sebesar apa?" tanya saya pada Ibnu Hajar selaku ketua kontingen.

"Lumayan, nggak bakal habis dimakan tiga hari," jawabnya sambil tertawa lepas. (Umarul Faruq/Mahbib)

Dari (Pesantren) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/50677/pesantren-annuqayah-juara-umum-festival-dua-bahasa

Oki Setiana Dewi

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Oki Setiana Dewi sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Oki Setiana Dewi. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Oki Setiana Dewi dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock